#9

JENIS BESI YANG SERING DIGUNAKAN DALAM KONSTRUKSI

Besi merupakan suatu bahan material yang sangat penting dalam konstruksi tanpa besi tidak akan bisa membuat pondasi, krangka bangunan maupun atap. Akan tetapi kita harus mengetahui lebih dalam tentang jenis besi yang digunakan dalam konstrusi agar tidak salah memakai, jika salah memakai akan terjadinya pondasi dan krangka yang tidak kokoh seperti yang diharapkan. Untuk itu artikel kali ini membahas tentang beberapa jenis besi yang sering digunakan untuk konstruksi dan pembangunan lainnya.

PENGERTIAN BESI 

Besi merupakan material alami yang terbuat dari unsur ferrum (Fe). Bahannya terbuat dari bijih besi yang ditambang dari alam, lalu diolah sedemikian rupa. Besi juga biasaya digunakan sebagai bahan baku untuk membuat baja. Sehingga, jangan heran jika besi dan baja juga memiliki bentuk yang sangat mirip. Proses pembuatan besi sendiri diawali dengan menghancurkan bijih besi menggunakan api

Bila diperhatikan, dalam suatu konstruksi membutuhkan besi yang berbeda. Misalnya saja, untuk pembangunan sebuah jembatan tentunya membutuhkan besi yang jenisnya berbeda dengan yang digunakan pada konstruksi gedung. Dari berbagai macam rupa dan bentuk besi yang ada di pasaran, ada beberapa jenis yang kerap digunakan dalam suatu konstruksi, diantaranya adalah

Sesuai dengan namanya, jenis yang pertama ini terbuat dari bahan beton yang kokoh dan kerap disebut sebagai besi penulangan. 

Ini karena, besi beton ini selain dimanfaatkan sebagai rangka bangunan juga selalu digunakan sebagai urat dinding, tiang, dan penopang pondasi bangunan skala kecil seperti rumah hunian keluarga. Secara umum, bentuk besi beton terdiri dua macam yaitu besi polos (plain bar) dan berbentuk besi ulir (deformed bar). 


Besi yang berbentuk siku dengan sudut kemiringan 900. Ukuran besi siku beragam mulai dari ukuran 2 cm, 3 cm, hingga 5 cm. Adapun panjang besi siku umumnya 6 m. Besi siku biasanya ditemukan dalam konstruksi besi seperti pada tangga, menara air, rak besi, dan lain sebagainya. 


Besi baja berbentuk balok yang secara teknis bernama hot rolled dan memiliki bentuk serupa huruf H. Besi H-beam sering terpakai untuk membangun konstruksi besi pada jembatan dan juga proyek gedung-gedung besar.

Besi hollow berbentuk pipa kotak yang berongga. Besi hollow bermanfaat untuk pembangunan plafon dan juga untuk rangka dinding partisi yang anti rayap, tahan api, dan juga hama seperti binatang pengerat. Besi ini sering dipakai sebagai bahan membuat rangka kanopi, pagar rumah, dan balkon. Besi ini terbuat dari baja dengan campuran galvanis kemudian ditutupi dengan lapisan seng dan aluminium

Besi wiremesh atau yang biasa disebut besi anyam merupakan jenis besi yang dibentuk dari kawat. Pembuatan besi model ini dengan cara dianyam sehingga membentuk kotak-kotak dalam lembaran. Fungsi dari besi ini untuk menguatkan dak beton dalam pembangunan rumah atau plat lantai.


Besi UNP memiliki bentuk seperti huruf U. Jenis besi ini memiliki manfaat sebagai balok untuk penutup pada bagian atap dan juga sebagai penopang untuk bagian dinding.

Jenis besi yang berbentu menyerupai huruf C. Besi konstruksi ini dibentuk dari plat koil menggunakan metode cutting dan banding. CNP mempunyai fungsi sebagai gording atap, kanopi pagar, tiang, dinding cladding dan lain sebagainya.


Memiliki bentuk yang serupa dengan besi H-beam dan biasa digunakan sebagai material untuk konstruksi bangunan. Perbedaannya, kekuatan besi WF jauh lebih tinggi baik itu pada gaya tekan maupun gaya tariknya. Tak heran bila besi konstruksi satu ini dapat menjadi material untuk struktur konstruksi bangunan yang lebih efisien.

Lembaran besi yang menjadi salah satu material penting dalam fabrikasi dan juga konstruksi. Berbentuk menyerupai triplek, namun dengan bahan besi atau baja.

Kerap dimanfaatkan sebagai bahan dasar bangunan, sambungan dalam konstruksi sangat baik karena varian besi ini terkenal memiliki daya tahan terhadap korosi yang sangat baik, fabrikasi tangki air dan lain sebagainya. Dalam industri otomotif atau karoseri, plat besi juga sering dimanfaatkan sebagai body kendaraan. Plat besi memiliki beberapa jenis, antara lain: plat hitam, plat kapal, dan plat bordes.

Jangan salah pilih Besi untuk kebutuhan anda. Untuk informasi lebih lanjut segera hubungi kami di Dunia Material , Menyediakan berbagai besi yang anda butuhkan dengan berkualitas tinggi.