#5

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PADA TRIPLEK

Triplek atau kayu lapis (plywood) adalah sejenis material papan pabrikan yang tentunya sudah tidak asing di telinga. Triplek ( lapisan kayu / veneer ) terbuat dari beberapa helai kayu yang direkatkan direkatkan bersama dengan sudut urat (grain) yang disesuaikan untuk menciptakan hasil yang lebih kuat dan tebal. biasanya lapisan ini ditumpuk dalam jumlah yang ganjil untuk mencegah terjadinya pembelokan (warping) dan dapat menciptakan konstruksi yang seimbang. 

Lapisan dalam jumlah genap dapat menghasilkan papan yang tidak stabil dan mudah terdistorsi. Saat ini kayu lapis atau triplek telah tersedia dalam berbagai ketebalan, mulai dari 0,8 mm hingga 25 mm dengan tingkat kualitas yang berbeda-beda.

Triplek merupakan salah satu produk kayu yang paling sering digunakan karena bersifat fleksibel, murah, dapat dibentuk, dapat didaur ulang, dan tidak memiliki teknik pembuatan yang rumit.

Jenis-Jenis Triplek

Particle Board


Terbuat dengan mencetak serpihan-serpihan kayu sehingga membentuk papan. Jenis ini sebenarnya mempunyai kualitas yang tidak terlalu bagus karena rentan terhadap air dan daya dukungnya sangat rendah. Namun, particle board banyak digunakan sebagai bahan baku furnitur yang ekonomis.

Multiplek (Plywood)


Terbuat dari kulit kayu yang berlapis-lapis dan kemudian dipress menggunakan tekanan yang sangat tinggi. mempunyai ciri yang rapat, kekuatan yang tinggi, dan tahan terhadap air. Jika dirawat dengan baik, dapat bertahan hingga mencapai puluhan tahun.

Medium Density Fiberboard ( MDF )


Jenis ini menggabungkan antara serat kayu lunak dan keras yang lalu ditempelkan dengan lem bertemperatur dan tekanan tinggi. Kekuatan dan daya tahannya setingkat lebih baik daripada LDF dan sering digunakan untuk pembuatan kabinet atau kerajinan tangan. Kelemahannya adalah tidak tahan air namun bisa dicat untuk variasi warna.

Blockboard


Tersusun dari tiga lapisan kayu yang digabung menjadi satu. Dua lapisan luarnya memiliki ketebalan yang lebih tipis dibanding satu lapisan dalamnya dengan ukuran sekitar 0,5-2 mm. Bagian dalamnya ini umumnya terbuat dari kayu akasia dan meranti yang solid sehingga tidak dapat dilengkungkan.

Kelebihan Triplek


Kelemahan Triplek


Gunakan Triplek yang baik untuk kebutuhan bahan material anda. Untuk informasi lebih lanjut segera hubungi kami di Dunia Material , MenyediakanTriplek Alba yang anda butuhkan dengan berkualitas tinggi.