#3

    KEGUNAAN BESI CNP INP DAN UNP

Sebagai orang awam yang tidak mengerti tentang besi pasti sangat membingungkan ketika anda ingin membangun sebuah rumah kantor atau tempot komersial lainnya. Besi menjadi salah satu komponen banan material penting dalam konstruksi dan sebagai krangka dari konstruksi itu sendiri. Setiap jenis besi yang dipakai dalam kontruksi pembangunan memilki keunggunlan masing-masing. Jenis besi yang dibahas Dalam artikel ini yaitu CNP INP UNP 

Besi kanal C atau sering disebut Besi CNP adalah besi yang mempunyai bentuk seperti huruf C. Besi ini biasa dipakai di dalam bidang konstruksi, industri, dan otomotif. Panjang besi CNP ini mencapai 6 meter. Sedangkan ukuran penampangnya sendiri bervariasi dengan panjang, lebar, dan tinggi yang berbeda-beda. Begitu pula dengan tingkat ketebalan besi kanal CNP ini pun bermacam-macam sesuai dengan peruntukannya.

Pemanfaatan Besi CNP 

Sebagai Rangka Atap


Biasanya, besi cnp kanal c bisa digunakan sebagai rangka atap bangunan. Pada umumnya, bagian rangka atap bangunan yang menggunakan jenis ini bisa dan banyak Anda temui jika mengunjungi kawasan gedung, pabrik, atau gudang. Besi ini akan dipasang menyerupai 2 sisi samping pada segitiga untuk menopang atap dari bangunan gedung, gudang, atau pabrik.

Sebagai Penutup Dinding

Terkadang, ada dinding yang ditutup oleh sesuatu yang tampak seperti logam. Jika Anda melihat penutup dinding seperti itu, maka bahan yang digunakan adalah besi cnp kanal c.

Sebagai Purlin

Pada beberapa gedung, terdapat purlin atau balok dudukan penutup atap. Untuk membuat purlin ini, biasanya banyak pihak yang memilih bahan dari besi cnp kanal c yang dinilai kokoh dan bisa menopang berat benda di atasnya.

Sebagai Pagar 

Besi cnp kanal c ini juga bisa digunakan sebagai pagar. Terdapat beberapa gedung yang memiliki pagar tinggi. Pagar tinggi yang terbuat dari bahan besi ini menggunakan besi cnp kanal c yang dinilai kokoh dan juga memiliki ketinggian serta bentuk yang memadai untuk difungsikan sebagai pagar pengaman.

Besi UNP merupakan besi jenis sambungan atau terusan yang bentuknya merupai huruf U. Tidak heran apabila besi UNP juga kerap dikenal dengan U-Channel, kanal U ataupun profil U. Fungsi dari besi jenis ini adalah sebagai dudukan atau sambungan yang digunakan ketika membangun atap. Fungsi tersebut tentu saja sangat penting dalam dunia arsitektural atau konstruksi. 

Material utama dalam pembuatan besi UNP adalah baja sehingga sudah tentu kekuatan serta ketahanan dari channel U ini sangat kokoh. Tak hanya itu, baja juga dapat menahan ekstremnya cuaca karena baja memang dikenal dapat menahan reaksi asam maupun basa. 

Pekerjaan Arsitektur


Besi UNP juga dapat digunakan pada pekerjaan arsitektur meskipun karakteristik profil baja ini kurang tepat. Adapun untuk pekerjaan yang berkaitan dengan estetika, besi baja ini dapat diterapkan untuk pembuatan rangka pintu besi, grill saluran, rak barang, pagar, rangka kanopi, dan masih banyak lagi.

Pekerjaan Struktur

konstruksi dak, kantilever bangunan, hingga bracing kolom. Ketika dikombinasikan dengan bahan lain, Anda juga bisa menggunakan material ini sebagai penutup atap atau purlin dan struktur anak tangga.Oleh karena itu, kanal U ini sering diaplikasikan dalam proyek konstruksi baja sebagai penopang utama atau bracing pada suatu bangunan. Tak hanya itu, UNP juga digunakan untuk membangun jembatan baja.


Pada beberapa bangunan, besi UNP juga kerap digunakan sebagai struktur anti gempa. Hal ini disebabkan oleh kekuatan yang dimiliki oleh material tersebut.


Baja profil INP adalah besi balok yang memiliki bentuk menyerupai huruf "I". Oleh karena itu, Besi INP sering disebut juga sebagai I-Beam atau baja profil I. Besi INP memiliki panjang standar 6 meter dengan dimensi bervariasi, mulai dari 100 mm hingga 500 mm. 

Hal ini menyebabkan profil ini menyerupai huruf I. Baja profil INP adalah material konstruksi dasar yang mempunyai banyak fungsi, misalnya untuk membangun jembatan, rangka, rel kereta api, folding gate, dan lain sebagainya. Besi INP memiliki flange yang lebih tipis sehingga memiliki berat yang lebih ringan. 

Konsultasikan jenis Besi yang cocok untuk konstruksi anda. Untuk informasi lebih lanjut segera hubungi kami di Dunia Material , Menyediakan jenis Besi CNP UNP INP yang anda butuhkan dengan berkualitas tinggi.