#12

MATERIAL APA SAJA YANG DIGUNAKAN DALAM KONSTRUKSI ?

Memiliki rumah sendiri memang impian semua orang. Tapi, seperti yang diketahui, memiliki rumah sendiri tidaklah murah dan butuh waktu yang lama untuk bisa mencapai mimpi tersebut. Oleh karena itu, harus diperhatikan dan dipersiapkan semua hal termasuk bahan material bangunan yang akan digunakan untuk membangun rumah impian kita semua, baik itu rumah baru maupun yang hendak direnovasi. Kualitas terbaik tentunya jadi pilihan agar dapat bertahan lama dan kuat.

Bahan bangunan merupakan dasar sebuah konstruksi juga merupakan aspek yang sangat penting sekali untuk diperhatikan agar mendapatkan pondasi yang kokoh dan kuat. Bukan hanya untuk umur bangunan yang awet, namun juga untuk keselamatan penghuninya

Bisa dibayangkan bukan? Jika kamu dan keluarga sedang bercengkrama dan bersantai, lalu tiba-tiba tembok rumah Anda roboh karena struktur atau pondasi bangunan kurang kuat. Wah, tentu tidak ada yang menginginkan hal tersebut terjadi, ya.

Jika ingin melakukan pembangunan, alangkah lebih baik apabila anda mengetahui jenis bahan bangunan yang sering digunakan beserta fungsinya

JENIS BAHAN MATERIAL

BATU BATA

Material bahan bangunan yang pertama yaitu bata merah. Walaupun dibilang harganya mahal dibandingkan dengan batako, namun penggunaan batu bata merah memiliki kekuatan dan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Dari segi ukurannya, batu bata tersedia dalam ukuran yang besar maupun sedang, sehingga dapat menyesuaikan dengan bentuk bangunan rumah kita.

SEMEN

Semen menjadi bahan konstruksi paling populer di dunia konstruksi modern. Berfungsi untuk merekatkan batu bata sehingga menjadi kokoh dan kuat. Juga digunakan untuk merekatkan keramik, dan untuk percampuran semen dan air diperlukan perbandingan yang tepat agar dapat merekat dengan baik dan tidak pecah.

PASIR


Berfungsi untuk campuran semen. Bahan alami pasir yang baik memiliki bentuk tekstur butiran tajam karena lebih kuat untuk batu bata ataupun pondasi. Saat sedang memilih pasir, cobalah digenggam, jika menggumpal maka pasir tersebut kurang berkualitas. Dan hindari juga pasir dengan campuran lumpur lebih dari 5%. 

BATU KERIKIL

Batu kerikil atau split adalah salah satu material bangunan yang paling umum digunakan untuk membuat beton yang terbuat dari campuran pasir dan semen. Memiliki berbagai macam ukuran yaitu mulai dari 5 hingga 50 milimeter dengan rentang jarak per 5 milimeter. Masing-masing jenis ukuran mempunyai kegunaan yang berbeda dari pembangunan materialnya.

BESI BETON

Bahan bangunan berupa besi beton memiliki peranan sebagai rangka dari rumah impian kita sering disebut sebagai tulangan untuk bangunan. Ukuran dari besi beton inipun beragam. Besi beton juga memiliki beberapa jenis, ada yang polos, ulir dan yang berbentuk seperti kanal. Nantinya, kerangka besi beton ini akan diisi dengan semen dan pasir. Kegunaannya dalam bangunan sebagai kerangka untuk membuat pondasi

KAYU

Bahan bangunan alami yakni kayu sampai saat ini masih menjadi favorit beberapa kalangan untuk dijadikan kerangka rumah impiannya,sering dimanfaatkan untuk konstruksi bangunan. Bahan bangunan tersebut sering digunakan untuk elemen-elemen struktur dan arsitektur pada rumah tinggal seperti pintu kayu, jendela kayu dan sebagainya. Ada banyak jenis kayu yang dapat digunakan dalam proses pembangunan rumah, namun bahan bangunan kayu yang terbaik biasanya berasal dari Kalimantan, seperti kayu kamper Rasamala atau kayu Samarinda.

Jika tidak menemukan kayu jenis ini, pilihlah kayu lain dengan kandungan air tidak lebih dari 20%. Jika perlu, pastikan kayu tersebut sudah melewati proses pengovenan agar tidak mudah lapuk.

Kayu dinilai mampu menciptakan bangunan yang kuat, yang tidak kalah dengan penggunaan struktur beton maupun besi.

GENTENG

Seperti yang kita ketahui, genteng berfungsi untuk melindungi dari sinar matahari dan juga air hujan. Pada dasarnya, genteng memang terbuat dari campuran lumpur dan tanah liat yang dibakar hingga berwarna merah kecoklatan. Material konstruksi bangunan yang satu ini dikenal memiliki daya tahan yang sangat kuat sehingga kita tidak perlu khawatir untuk menggantinya selama belasan bahkan puluhan tahun.

Genteng memiliki beberapa jenis yang meliputi genteng spandek , tanah liat, keramik, beton, kayu, dan lainnya.

PAPAN GYPSUM

Papan gypsum dalam konstruksi bangunan bisa digunakan untuk plafon dan partisi, memiliki sifat mudah untuk dicat, sehingga memudahkan penghuni rumah untuk melakukan pengecatan ulang saat warnanya sudah tidak indah lagi. Apalagi jika sudah terkena noda akibat rembesan air hujan, tampilannya pasti tidak enak untuk dipandang.  Mudah dilakukan bongkar pasang dan tidak akan merusak bagian rumah.

Papan gypsum yang dijual di pasaran pasti sudah sepaket dengan aksesorisnya, seperti screw dan manhole. Screw digunakan untuk menempelkan papan gypsum dengan rangka plafon atau partisi. Sedangkan manhole berfungsi sebagai lubang yang memiliki penutup. Mampu menjadi jalan untuk pemilik rumah dalam melakukan reparasi bagian yang ada di atas plafon.


BATU PONDASI

Untuk membangun suatu pondasi dibutuhkan bahan baku yang kuat dan kokoh. Karena, kekuatan suatu pondasi salah satunya terletak pada bahan baku yang digunakan.

Pada umumnya, batu yang sering digunakan untuk membangun pondasi adalah batu kali dan batu gunung. Kedua batu tersebut sangat cocok dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan pondasi.

MORTAR

Berfungsi sebagai perekat bata dan keramik serta plesteran dan acian dinding. Mortar merupakan semen yang bentuknya instan. Penggunaannya sangatlah mudah, anda hanya perlu mencampurkan antara mortar dan air sesuai dengan anjuran yang ada di kemasan. Sifatnya yang instan ini tidak hanya memudahkan saat penggunaan, tetapi juga saat penyimpanan setelah digunakan.

BAJA RINGAN


Baja ringan digunakan sebagai pembentuk rangka untuk atap. Ada berbagai keuntungan yang diberikan pada saat penggunaan baja ringan yang meliputi antirayap, tahan lembap, pemasangan yang mudah, mudah ditemukan, harga relatif terjangkau jika dibanding kayu, dan keuntungan lainnya. Maka dari itu, saat ini banyak yang beralih dari kayu ke baja ringan untuk rangka atap.

KERAMIK

Keramik digunakan sebagai pelapis lantai yang salah satu fungsinya untuk memperindah interior, suhu di ruangan supaya tidak panas karena matahari. Karena fungsi ini, keramik tidak hanya digunakan untuk lantai saja, tetapi juga untuk dinding. 

Keramik memerlukan perekat untuk ditempel pada lantai ataupun dinding. Perekat untuk keramik ini bisa menggunakan mortar. Tetapi perlu diperhatikan jenis keramik apa yang akan kamu pasang di rumah, apakah keramik biasa atau homogenous tile. Perbedaan jenis keramik tersebut memengaruhi jenis mortar yang digunakan.  

konsultasikan jenis besi untuk bahan material anda. Untuk informasi lebih lanjut segera hubungi kami di Dunia Material , Menyediakan berbagai jenis besi yang anda butuhkan dengan berkualitas tinggi.