#13

BESI BETON MUDAH PATAH WALAU SUDAH SNI ? 

Besi Beton dari hasil pengerolan Besi Billet. Besi Billet sendiri adalah balok baja yang memiliki ukuran 100 x 100 mm, 110 x 110 mm, 120 x 120 mm dengan panjang 170 mm,  biasanya dibuat dari bijih besi dan scrap dengan penambahan elemen lain seperti nikel, kromium, mangan, vanadium, kokas, grafit, lime, dan ferro alloys. Campurannya pun akan mempengaruhi kekuatan / kelenturan besi beton yang dihasilkan.

Faktor paling besar yang mempengaruhi sifat besi yaitu proses pembuatannya. Dengan Billet yang sama, bisa jadi antara produsen satu dengan produsen lainnya menghasilkan kekuatan atau kelenturan besi beton yang berbeda.

Besi beton polos 6 SNI seringkali digunakan untuk membuat begel sebagai material penyusun dalam konstruksi tulangan struktur. 

Beberapa kategori kelas baja tulangan dikenal dengan istilah BjTP dan BjTS dengan angka 24, 30, 35, 40 dan 50. Angka menunjukkan kekuatan sekaligus kelenturan besi beton

Kandungan Karbon dalam Besi Beton

Besi Beton mengandung karbon yang mempengaruhi kekerasan/kelunakan,

Tingginya kandungan karbon dalam besi, maka semakin keras besi tersebut, tetapi tingkat elastisitasnya akan berkurang begitu pun dengan sebaliknya

Berikut adalah persentase karbon dalam besi yang beredar di pasaran,

Membeli Besi Beton SNI,  biasanya tidak disertakan keterangan kandungan karbon dalam besi beton. Akan lebih baik jika anda dapat meminta mill sheet dari pabrik yang memproduksinya untuk melihat kemampuan tarik dan kandungan karbon dalam besi beton tersebut.

Membeli Besi Beton SNI,  biasanya tidak disertakan keterangan kandungan karbon dalam besi beton. Akan lebih baik jika anda dapat meminta mill sheet dari pabrik yang memproduksinya untuk melihat kemampuan tarik dan kandungan karbon dalam besi beton tersebut

konsultasikan besi beton untuk bahan material anda. Untuk informasi lebih lanjut segera hubungi kami di Dunia Material , Menyediakan berbagai jenis besi yang anda butuhkan dengan berkualitas tinggi.