#10

PLAT BESI DAN BERBAGAI KEGUNAANNYA

Besi ini dapat kita jumpai di berbagai toko bangunan atau material. Besi plat merupakan bahan material yang sering kali digunakan untuk bermacam-macam kebutuhan industri sesuai dengan jenis dan kegunaannya. Besi plat memiliki jenis yang berbeda dan yang membedakan adalah berdasarkan ukurannya, besi plat ini berbentuk lembaran dengan permukaan yang beragam ukuran. 

Besi plat atau pelat adalah bahan baku plat yang berupa lembaran yang dalam pembuatannya digunakan sebagai bahan baku dalam membuat berbagai macam perlatan dan perlengkapan dalam membuat kebutuhan industri seperti mesin, badan kendaraan alat transportasi, dan juga banyak digunakan sebagai bahan baku property salah satunya untuk pembuatan pagar besi dan dalam konstruksi


PLAT HITAM (BASA PLATE)

Sering digunakan sebagai penguat dan pengaplikasian untuk dudukan material profil, bahan baku pembuatan tangka, dan sebagai bantalan jalan khusus kendaraan berat. Pengaplikasian sangat sederhana hanya sebagai penyambung karena terbuat dari baja sehingga sangat kuat dan tahan terhadap korosi walau terkena air hujan sehingga pengaplikasian plat hitam sangat awet.

Digunakan untuk kebutuhan konstruksi sipil, arsitektural atau interior. Dalam bidang industry seperti pembuatan mesin tekstil, mesin makanan, dan lainnya. Selain untuk kebutuhan konstruksi dan industri, plat strip juga digunakan di kehidupan sehari-hari seperti pembuatan tangga, teralis jendela, jari-jari sebuah pagar, dan juga pintu.Salah satu kelebihan plat strip adalah mudah ditekuk dengan las sehingga mudah dibentuk sesuai kebutuhan.


Plat besi jenis ini bentuknya seperti papan kayu dengan panjang standar 6 meter dan lebar yang bervariasi mulai dari 19 mm sampai 200 mm. Sementara untuk ketebalannya antara 3 mm sampai dengan 12 mm.

Bordes adalah area datar di bagian tangga yang bisa digunakan untuk mengistirahatkan kaki. Biasanya bordes dibuat pada tangga dengan jumlah anak tangga lebih 12. Pilihan yang sangat tepat jika plat bordes diaplikasikan di daerah peralihan pada tangga di ruang interior ataupun eksterior.

Memiliki tekstur permukaan seperti pada jenis plat kembang. Fungsinya mengurangi risiko jatuh terpeleset saat area tangganya basah. Pengaplikasian plat bordes banyak ditemukan untuk lantai mobil bak terbuka, truk, bagian peralatan olahraga, dan lantai bangunan pabrik

PLAT KAPAL

Plat yang cukup berbeda dari jenis plat lainnya. Perbedaan yang didapat adalah kandungan unsur dan proses pembuatan. Mengandung unsur campuran yang bertujuan untuk menahan laju korosi pada kapal dari air laut. Pada umumnya, digunakan sebagai kebutuhan konstruksi pembuatan kapal seperti badan samping kapal, material konstruksi serta fabrikasi, pembuatan tangki dan yang lainnya. 

Hal ini dikarenakan plat kapal memiliki tingkat ketahanan terhadap korosi air laut dan memiliki daya tarik yang bagus. memiliki ciri khas yaitu ukurannya yang relatif panjang dan lebar.

Ukuran panjang plat ini 6.000 mm yang memiliki dua ukuran lebar yaitu 1.800 mm dan 1.500 mm. 

PLAT KEMBANG 

Plat Kembang yang dikenal memiliki permukaan bertekstur. Nama lain dari plat ini adalah plat lantai atau plat berlian. Plat kembang berukuran standar 1,2 meter x 2,4 meter dengan ketebalannya yang bervariasi. Banyak diaplikasikan untuk elemen lantai atau anak tangga pada bangunan, elemen lantai pada sarana transportasi seperti bus, angkutan umum, mobil damkar, dan kereta. 

Tertarik menggunakan Besi Strip dan Besi Bordes pada bahan konstruksi dan kebutuhan anda ? Untuk informasi lebih lanjut segera hubungi kami di Dunia Material , Menyediakan berbagai besi yang anda butuhkan dengan berkualitas tinggi.