#11

MANAKAH YANG BAIK BESI BETON POLOS ATAU BESI BETON ULIR

Besi beton merupakan material bahan bangunan yang paling umum dan sangat sering digunakan dalam pembangunan rumah atau proyek lainnya. Besi beton digunakan karena sifatnya yang tahan terhadap gaya tekan sehingga dapat melengkapi kelemahan dari beton yang tidak tahan akan tarikan tetapi tahan gaya tekan. Ada 2 jenis besi beton yang dapat digunakan dalam konstruksi, besi beton polos ( plain bar ) dan besi beton ulir ( deformed bar)

Meski sama-sama terbuat dari beton, kedua besi ini memiliki perbedaan mulai dari bentuk hingga fungsinya. Besi polos memiliki bentuk yang polos, bundar memanjang tanpa tambahan variasi. Besi beton ulir memiliki permukaan ulir, yakni menyerupai sirip ikan yang tersusun dari atas ke bawah.


BERDASARKAN TITIK LULUH 


Besi Beton Polos dan Besi Beton Ulir yang paling umum sudah terlihat bedanya dari titik luluhnya. Besi beton polos  (BjTP) dulunya memiliki tegangan luluh 240 MPa (U24), besi beton ulir (BjTS) memiliki tegangan luluh 350 MPa (U35). Sekarang, kedua jenis besi beton ini sama-sama memiliki tegangan luluh 280 MPa (U28).


Khusus BjTS memiliki 6 kelas baja yang dibedakan menurut tegangan luluhnya.BjTP memiliki 1 kelas baja dengan 1 jenis tegangan luluh U28 itu saja. Tegangan atau titik luluh ini merupakan batas titik awal besi beton akan mengalami deformasi atau necking pada saat diberi gaya tarik. Untuk 6 kelas baja yang dimiliki BjTS adalah sebagai berikut:

Khusus TS 420A dan TS 420B bisa dilihat beda warna labelnya sesuai ketentuan SNI yang ada.

KEGUNAAN 


Besi Beton Ulir memiliki kekuatan yang lebih terhadap gaya geser dalam konstruksi lebih cocok digunakan untuk tulangan struktur beton yang memanjang untuk menahan beban lebih. Besi Beton Polos digunakan sebagai begel yang berfungsi untuk menahan beban geser dalam struktur beton. Ketika besi beton polos menjadi begel, ia dapat menahan beban geser lebih besar dibandingkan jika digunakan untuk tulangan struktur. Digunakan sebagai begel karena sifatnya yang lebih mudah dibengkokan.

UKURAN DIAMETER


Memiliki banyak ukuran untuk memenuhi kebutuhan konstruksi. Ukuran diameternya yang terlihat berbeda ada pada ukuran terkecilnya, besi beton polos memiliki diameter 6 mm terkecil dan besi beton ulir 8 mm. Lalu ada beberapa angka yang ada pada besi beton polos tapi tidak ada di ulir dan sebaliknya. Seperti ukuran polos 12 yang tidak dimiliki ulir, tapi ia ada ukuran 13 mm dan polos tidak memilikinya.

konsultasikan jenis besi untuk bahan material anda. Untuk informasi lebih lanjut segera hubungi kami di Dunia Material , Menyediakan berbagai jenis besi yang anda butuhkan dengan berkualitas tinggi.