#4

    PENGGUNAAN WIREMESH PADA LANTAI

Wiremesh adalah rangkaian kawat beton berbentuk jaring-jaring dengan spasi tertentu yang pada tiap titik pertemuannya dihubungkan dengan mesin las listrik bertegangan tinggi sehingga memiliki kualitas las yang baik. Wiremesh dan spesifikasinya ini berguna untik aplikasi konstruksi yang membutuhkan lembaran yang lebih fleksibel.

Material Pembuatan

Wiremesh terbuat dari logam yang terdiri dari baja karbon tinggi, baja karbon rendah, tembaga, alumunium dan nikel. Keuntungan menggunakan bahan baja karbon rendah yang memiliki kadar karbon 0.30%  yaitu karena mudah dibentuk namun kekuatannya relatif rendah. 

Wiremesh yang terbuat dari baja karbon tinggi memiliki kadar karbon lebih dari 0.70% sehingga lebih kuat dan lebih keras dari baja karbon rendah dengan sifatnya yang tahan aus. Selain terbuat dari kedua bahan tersebut, wiremesh yang terbuat dari campuran tembaga, alumunium dan nikel memungkinkan  wiremesh terhindar dari karat, korosi dan lebih tahan lama

Proses Pembuatan

Berdasarkan proses pembuatannya dibagi menjadi welded wiremesh (wiremesh las) dan woven wiremesh (wiremesh anyam).

Meski begitu, hanya welded wiremesh yang banyak beredar di pasar Indonesia. 

Wiremesh las dibentuk dengan menggunakan mesin las bertegangan tinggi (electrical resistance). 


Titik perpotongan itu akan di las sehingga akan menempel satu sama lain. Hal ini menyebabkan masing-masing kolom dan baris mencapai panjang dan lebar yang diinginkan. 

KEGUNAAN

Dapat diaplikasikan sebagai besi tulangan saluran drainase beton pracetak seperti u ditch precast, tutup buis beton dan culvert box.

Sebagai komponen yang memperkuat dak beton dan plat lantai. Fungsi ini biasanya digunakan pada bangunan bertingkat.

Cocok digunakan pada plat beton yang diletakkan di tanah. Tujuannya untuk mengeraskan tanah dan mampu menahan beban mobil atau benda lain diatasnya. 

Fungsi besi wiremesh berikutnya adalah komponen yang juga cocok digunakan untuk plat beton menggantung, digunakan pada gedung atau saluran pembuangan air hujan sebagai penulangan yang diberi plat

KEUNTUNGAN

Bangunan yang dibangun dengan wiremesh menjadi lebih kokoh karena bersifat sebagai tulang bagi beton bangunan.

Mempercepat perkerjaan konstruksi di lapangan 

Mempermudah pengawasan dalam pemasangan besi di lapangan.

Pengiriman material lebih cepat karena ukuran wiremesh yang tidak begitu panjang

Dipakai sebagai elemen untuk memperkuat dek beton , plat lantai, anak tangga. fungsi ini banyak diaplikasikan pada rumah bertingkat dimana anyaman kawat wiremesh menjadi salah satu elemen untuk lantainya.

CARA MEMILIH BESI WIREMESH

Pilih wiremesh yang bersih dan tidak berkarat.


Salah satu besi yang rentan berkarat. Dengan demikian harus teliti untuk memilih wiremesh berkualitas baik, bersih, dan belum berkarat. Pemilihan wiremesh yang tidak berkarat sangat penting karena akan mempengaruhi kekuatan struktur bangunan yang dibuat.

Jangan menganggap remeh tampilan karat di besi walaupun hanya sedikit, karena lama-kelamaan karat tersebut akan menyebar ke seluruh bagian wiremesh sehingga menyebabkan kualitas wiremesh mudah rusak dan patah.


Wiremesh berkualitas baik memakai sistem las otomatis.


Banyak sekali oknum produsen nakal yang menjual wiremesh berkualitas buruk karena menggunakan sistem las manual. Oleh karena itu, sebagai pembeli harus cermat dalam memilih dan mengetahui bahwa yang berkualitas diproduksi menggunakan sistem las otomatis.


Perbedaan hasil produksi sistem las manual dan otomatis terlihat pada penampakannya. Wiremesh melalui sistem las manual akan terlihat berantakan dan jarak antar anyaman kurang teratur. Sedangkan sistem las otomatis terlihat  jarak antar anyaman rapi

Jangan salah pilih Wiremesh untuk pondasi lantai anda. Untuk informasi lebih lanjut segera hubungi kami di Dunia Material , Menyediakan Besi Wiremesh yang anda butuhkan dengan berkualitas tinggi.